Rabu, 29 Juli 2015

Museumkaart, Kartu Sakti untuk Jelajah Museum di Belanda

Konon Belanda adalah salah satu di antara sekian negara yang ‘hobi’ membangun museum. Benar atau tidak faktanya, saya tidak tahu pasti. Namun yang jelas, museum memang menjadi daya tarik tersendiri bila berkunjung ke Belanda. Tidak hanya museum bernuansa art, seni budaya dan sejarah, negeri kincir ini juga menawarkan museum beraroma teknologi, misalnya museum penerbangan Aviodrome yang pernah saya ceritakan dalam posting saya dua tahun silam. Selain koleksinya yang terawat, umumnya museum di Belanda juga digarap serius. Maksudnya, tata letak, pencahayaan serta kebersihannya sangat diperhatikan oleh pengelola museum, sehingga jalan-jalan ke museum menjadi nyaman dan jauh dari kesan bau barang-barang kuno dan angker

Lalu, bagaimana dengan harga tiket masuknya? Tentu saja, semua kerapihan tadi wajar bila ditebus dengan harga tiket yang cukup mahal untuk sekali masuk. Rata-rata, museum di Belanda mematok harga tiket sebesar 11 sampai dengan 17 Euro. Silakan cek di website resmi masing-masing museum untuk informasi detilnya. Walau demikian, bukan Belanda namanya kalau tidak ada opsi paket hemat, termasuk tiket masuk museum. 


Adalah museumkaart, atau museumcard, alias kartu museum yang bisa dijadikan ‘alat’ yang meringankan anggaran kita untuk masuk ke museum-museum di Belanda. Dengan kartu sakti ini, calon pengunjung museum bisa mendapatkan potongan harga yang lumayan besar, atau bahkan gratis tanpa bayar sepeser pun untuk masuk ke dalamnya. Bagi penggemar museum, kartu ini layak dimiliki. Tentu untuk mendapatkannya tidaklah gratis, melainkan harus membayar semacam abonemen selama setahun dan mendaftarkan diri secara online melalui website resmi museumkaart. Tarif abonemen setahun untuk dewasa dipatok dengan harga sekitar 60 Euro, termasuk 4,5 Euro untuk biaya pendaftaran. Sedangkan untuk anak atau remaja di bawah 18 tahun, tarifnya hanya sekitar 32,5 Euro saja, termasuk biaya yang sama untuk pendaftaran. Memang sepintas tampak mahal. Uang 60 Euro bagi saya bisa untuk hidup bersama keluarga kecil saya selama seminggu hingga 10 hari di Belanda. Namun, mengingat mahalnya harga tiket masuk museum dan kegemaran saya sekeluarga untuk jalan-jalan selama di Eropa saat ini, membayar sejumlah uang tarif abonemen sebesar rasanya cukup sepadan. Paling tidak, saat ingin berkunjung ke museum, saya hanya perlu merogoh biaya perjalanannya saja, tanpa pusing memperhitungkan ongkos masuk ke dalamnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar