Minggu, 01 Oktober 2017

Aktivitas Menyambut Pagi


Inilah salah satu foto yang pernah saya bidik pada saat yang istimewa: blue hours. Pun, saya mengambilnya lantaran merasa ada cerita yang ingin saya sampaikan di balik foto tersebut. Aktivitas menyambut pagi di Depo Lokomotif Yogyakarta, yang lokasinya berada di salah satu sudut kompleks Stasiun Tugu Yogyakarta. Pengambilan foto dilakukan bakda Subuh, menjelang jam 5 pagi. Saat itu, hari Minggu, dan saya baru saja sampai di Stasiun Tugu setelah menempuh perjalanan hampir 8 jam dari Bandung. Alih-alih langsung keluar stasiun setelah sholat Subuh, saya memanfaatkan momen jelang matahari terbit untuk mengambil beberapa foto tentang kereta api dan stasiun. Jadilah foto ini. Saya ambil dengan kamera DSLR Canon 1200D dipadu dengan lensa kit-nya EF 18-55 mm, yang saya set pada fokus 50 mm, bukaan lensa f/5.6 serta ISO 1600.
Aktivitas Menyambut Pagi
Awalnya, sempat terpikir di benak saya untuk mengikutsertakan foto ini pada lomba fotografi 150 tahun kereta api Indonesia. Namun, niat tersebut tinggallah sebuah niat dalam hati saja. Saya urung mengirimkannya, karena tidak teliti membaca tertib administrasi lombanya. Beberapa hari belakangan, keputusan saya untuk tidak mengirimkan foto tersebut serasa dibenarkan. Saya tidak pede melihat foto-foto peserta lain yang luar biasa kereeeen dipajang di salah satu sudut ruang tunggu Stasiun Gubeng Surabaya di akhir September lalu. Hahaa... Ya sudah, akhirnya foto tersebut saya upload di akun facebook saya saja.

1 komentar: