Sabtu, 13 Desember 2014

Selamat Garuda Indonesia



Maskapai penerbangan nasional, Garuda Indonesia, belum lama ini dikukuhkan sebagai salah satu dari World’s 5 Stars Airlines oleh Skytrax, sebuah lembaga penilai performa jasa penerbangan internasional yang berkedudukan di London, Inggris. Garuda kini bertengger di papan atas bersama maskapai-maskapai paling elit di dunia, seperti Singapore Airlines (Singapura), Malaysia Airlines (Malaysia), Cathay Pacific Airways (Hongkong), Qatar Airways (Qatar), Hainan Airlines (China), ANA All Nippon Airways (Jepang) dan Asiana Airlines (Korea Selatan). Prestasi ini adalah sebuah pengakuan bahwa maskapai nasional kita mampu secara konsisten memberikan servis atau pelayanan yang sangat baik kepada para penumpangnya, sejak saat di bandara, di dalam kabin pesawat, hingga akhirnya saat mendarat di tempat tujuan.

Daftar maskapai penerbangan yang meraih 5-stars (Gambar: http://www.airlinequality.com)
Sebagai salah satu warga negara Indonesia yang sedang ‘terdampar’ di negeri orang, saya turut merasa bangga atas capaian Garuda ini. Delapan tahun lalu, tepatnya Juli 2006, rasanya tidak ada yang bisa dibanggakan saat transit atau mendarat di bandara negeri orang. Mulai dari Bandara Internasional Taoyuan di Taiwan, Suvarnabhumi di Bangkok hingga Schiphol di Amsterdam yang saya singgahi, tidak ada satupun nama maskapai Indonesia tertulis di layar jadwal penerbangan di bandara-bandara tersebut. Pilu juga melihat nama Jakarta sebagai pintu gerbang Indonesia ternyata dilayani oleh maskapai asing. Kini, prestasi luar biasa Garuda Indonesia, juga kembali eksisnya rute penerbangan internasional maskapai ini ke beberapa bandara besar di dunia, termasuk Schipol di Amsterdam, Belanda, setidaknya bisa membuat saya berkata, “Inilah Indonesia!”

Armada Airbus A330-200 Garuda Indonesia sedang dipersiapkan di Bandara Schiphol, Belanda untuk melayani rute Amsterdam-Jakarta. Foto diambil tanggal 7 Desember 2013. Saat itu, rute Amsterdam-Jakarta ditempuh dengan transit di Bandara Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

Cerita tentang prestasi Garuda Indonesia sebenarnya bukan suatu kejutan yang jatuh tiba-tiba dari langit. Sejak dua tahun lalu, maskapai ini sudah menunjukkan tajinya, bangkit dari keterpurukannya selama bertahun-tahun, dengan menyandang prestasi sebagai The World’s Best Economy Class (2013), The Best Regional Airline in Asia (2012) dan The World’s Best Regional Airline (2012), lagi-lagi versi dari Skytrax. Dengan modal informasi ini pula, saya pernah bercerita hebatnya Indonesia di International Presentation yang diadakan tahun lalu di departemen saya di TU Delft, Belanda (simak kembali tulisan saya yang ini).
Selamat Garuda Indonesia!