Jumat, 17 April 2020

Throwback 2019 (1): Mengawal Kelahiran JMDT!


Tahun 2019 sepertinya menjadi salah satu periode yang paling berkesan bagi saya. Setelah hampir dua tahun saya merasa harus mencari “kehidupan” saya lagi, yakni sejak pulang dari Delft pada 2016, di tahun 2019 inilah ada momen-momen yang membuat saya seakan mengisi bahan bakar lagi untuk melanjutkan kehidupan yang fana di dunia ini. Oleh karenanya, tulisan ini mengawali beberapa tulisan sederhana yang sengaja saya beri titel besar: Throwback 2019, sekedar mengingatkan saya kembali akan pelajaran-pelajaran yang bisa saya petik.

Sampul edisi pertama JMDT
Salah satu momen penting bagi saya di tahun 2019 adalah kelahiran Journal of Mechanical Design and Testing. Melahirkan sebuah jurnal berarti menancapkan sebuah komitmen. Sebuah komitmen untuk memberi ruang kepada masyarakat ilmiah, para peneliti dan penulis di bidang tertentu, agar ilmu yang dititipkan pada mereka tersalurkan sebaik-baiknya dan memberi manfaat kepada komunitas mereka secara khusus dan dunia secara umumnya. Mengawal sebuah jurnal sama artinya melepas sejenak ego untuk menampilkan diri, atau narsis lewat karya-karya yang ditulis. Bukan. Tidak untuk maksud-maksud yang seperti itu, melainkan bekerja di balik layar dengan segala urusan keterbatasan dari karya-karya yang dikirimkan. Tetapi, barangkali inilah salah satu jalan memberikan sejumput manfaat untuk dunia. Welcome to the Earth, Journal of Mechanical Design and Testing. Singkatnya, ia dipanggil JMDT.


JMDT dapat diakses melalui website berikut: https://jurnal.ugm.ac.id/jmdt/index. Demikian juga deskripsi lengkap dan prosedur bagaimana mengirimkan manuskrip ke jurnal ini. Saat ini, JMDT masih berstatus jurnal nasional. Namun, saya dan teman-teman di CIMEDs yang menggawanginya, mempunyai mimpi dan komitmen membawanya menjadi salah satu jurnal internasional bereputasi di bidang teknik mesin. Kami sematkan nama berbahasa Inggris, sebagai pengingat sekaligus penanda mimpi kami itu. Jurnal ini bersifat open-access, sehingga bisa diakses oleh siapapun tanpa harus membayar untuk menjadi subscriber terlebih dahulu. So, silakan akses dan kirimkan manuskrip Anda yang sesuai dengan lingkup bidang junral ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar